468x60 ads


Tugas Pancasila dan Multikulturalisme : Penutup

KRITIK
Di Indonesia pendidikan multikultural masih relatif masih belum dikenal sebagian besar guru-guru (Farida Hanum dan Setya Raharja, 2006). Oleh sebab itu, sosialisasi tentang pendidikan multikultural penting untuk terus dilakukan, baik yang berbentuk seminar, penataan,  workshop, curah pendapat maupun penyediaan buku-buku penunjang. Masyarakat Indonesia yang sangat beragam, sangat tepat dikelola dengan pendekatan nilai-nilai multikultural agar interaksi dan integrasi dapat berjalan dengan damai, sehingga dapat menumbuhkan sikap kebersamaan, toleransi, humanis, dan demokratis sesuai dengan cita-cita negara pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

SARAN
Untuk membangun bangsa ke depan diperlukan upaya untuk menjalankan asas gerakan multikulturalisme menjadi sebuah ideologi yang dianggap mampu menyelesaikan berbagai masalah, sebagai berikut:
a) Manusia tumbuh dan besar pada hubungan sosial di dalam sebuah tatanan tertentu, dimana sistem nilai di terapkan dalam berbagai simbol-simbol budaya dan ungkapan-ungkapan bangsa.
b) Keanekaragaman budaya menunjukkan adanya visi dan sistem dari masing-masing kebudayaan sehingga budaya satu memerlukan budaya lain.
Dengan mempelajari kebudayaan lain, maka akan memperluas cakrawala pemahaman akan makna multikulturalisme
c) Setiap kebudayaan secara internal adalah majemuk sehingga dialog berkelanjutan sangat diperlukan sebagai modal terciptanya semangat persatuan dan kesatuan. 

Daftar Pustaka
Azra, Azyumardi. 2008. Pancasila di Tengah Peradaban Dunia: Perspektif Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural. Ebook.
Hanum, Fasrida. 2011. Pendidikan Multikultural dalam Pluralisme Bangsa. Ebook.
Bintoro, Asri. 2012. PRURALISME & MULTIKULTURALISME. www.kompasiana.com. Akses September 2012.
Nour, Mina A. 2012. Kewarganegaraan dan Pancasila: Nama yang Berbeda Untuk Substansi yang Sama. www.kompasiana.com. Akses September 2012.
2012. Multikulturalisme. id.wikipedia.org. Akses September 2012.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Rizal Malik © 2013 Design by Malik Web Design KOMA | STMIK AMIKOM YK!