468x60 ads


Tugas Lingkungan Bisnis : Isi

Dewasa ini, kata “website” atau “web” sangat familiar dalam kehidupan masyarakat modern. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, web memang banyak digunakan oleh businessman untuk memasarkan produk mereka. Selain itu, website dapat digunakan sebagai Media Iklan/Promosi dan Media Komunikasi terhadap customer. Keunggulan pemasaran produk melalui website adalah luasnya jangkauan, efisien waktu, dan income yang didapat oleh perusahaan lebih besar. Tidak bisa dielakkan bahwa beberapa tahun kedepan, masyarakat akan lebih sering menggunakan internet untuk berjualan. 

Dengan begitu, website memunculkan peluang usaha baru, salah satunya Web Design. Kebutuhan akan desainer web akan bertambah seiring banyaknya pengguna website untuk memasarkan produk mereka. Desain pada web adalah sebuah proses komunikasi berbentuk visual yang bisa memberikan informasi-informasi sekaligus mempercantik tampilan website. Desain web berbeda dengan pemrograman web. Desain web lebih menekankan fitur fungsional dari sebuah situs web, serta desain posisi web sebagai semacam desain grafis. 

Dalam karya ilmiah ini saya akan sedikit membahas tentang peluang usaha dalam bidang web design yang akan di aplikasikan di web sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lain. Web design adalah suatu hal yang paling berpengaruh dalam menarik suatu orang untuk menggunakan suatu web, termasuk melakukan kegiatan pembelajaran oleh para murid dalam e-Learning. 

Dalam pembentukan suatu web diperlukan suatu tim yang mampu mengurusi tidak hanya dalam mendesign tapi juga melakukan konversi ke dalam suatu coding yang lebih sederhana maupun mengadmini suatu database yang telah dibuat oleh pembuat web. Tim yang akan kami buat dalam pembuatan design web bernama “AmiKreatif” yang merupakan kumpulan dari anak-anak koma divisi web design untuk mengapresiasikan karya mereka supaya laku dipasaran khususnya dibidang pendidikan. 
Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan design web : 

a.  Target Market 

  • Semua tingkatan pendidikan. Baik itu sd, smp, sma, ataupun lembaga-lembaga terkait yang memerlukan web untuk proses pembelajaran mereka. 
  • Lembaga pendidikan yang telah memiliki web namun tidak mendukung dalam proses e-Learning maupun memiliki tampilan yang kurang menarik. 
  • Lembaga pendidikan yang memerlukan logo ataupun banner dalam hal mengiklankan produk mereka. 


b. Marketing Strategy
Dalam menjalankan bisnis ini kami melakukan beberapa cara pemasaran, seperti: 
  • Mengikuti berbagai kontes design 
  • Penawaran produk melalui jejaring sosial, misalnya : facebook, twitter, kaskus, dll. 
  • Penggunaan SEO (Search Engine Optimization) dalam website official 
  • Pengiklanan langsung ke berbagai sekolah atau lembaga yang dikiranya membutuhkan.
  • Pemberian promo ataupun paket-paket yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga terkait. 
  • Pemberian seminar-seminar ke SMK-SMK tentang pentingnya web design 


c. Analisa SWOT
Strength  
1. Ide yang unik dan menarik  2. Memiliki hobi mencari referensi terkait dengan produk dalam rangka mencari ide desain baru  3. Produk kami memiliki eksklusivitas, dimana hanya terdapat satu desain dalam satu produk 4. Transaksi Online kami terapkan sehingga memudahkan konsumen yang berada di wilayah manapun 5. Konsep Paket Desain, sehingga lembaga/sekolah dapat lebih mudah memilih 6. Desain sesuai dengan pesanan konsumen 7. Harga terjangkau dari kompetitor lain 
Weakness
1. Minimnya pengalaman di bidang pemasaran produk 
Opportunity 
1. Peluang usaha yang besar  2. Termasuk kebutuhan yang cukup penting bagi lembaga pendidikan di jaman sekarang  3. Kebutuhan Sekolah-Sekolah dalam membuat pendidikan berbasis e-Learning tinggi 4. Kompetitor di daerah-daerah masih sedikit 
Treat 
1. Klien biasanya hanya sekali melakukan pemesanan desain  2. Persaingan yang kuat dengan usaha yang sudah terkenal 
Peluang Bisnis  
1. Pangsa pasar yang baik dan cukup luas  2. Produk yang dihasilkan merupakan suatu kebutuhan penting bagi semua sekolah maupun lembaga pendidikan  3. Indonesia memasuki Tahun dimana banyak para pengusaha muda bermunculan.  4. Semakin berkembangnya industri IT yang memberikan dampak pada muncul nya website/blog baru yang bermunculan.  

Referensi 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Rizal Malik © 2013 Design by Malik Web Design KOMA | STMIK AMIKOM YK!